Sunday, September 11, 2016

Kue mangkok tape singkong

Kue mangkok tape singkong Ini bukan resep aku, ini resep suka berseliweran di grup-grup masak, aku cuma simpen ajah. Tapi ada yang bikin bingung dengan resep ini, karena bahan-bahannya sama, tetapi orang-orang yang membagi resep ini beda-beda cara pembuatannya. Aq nggak ngerti kenapa bisa beda.. Soalnya pas aq coba dengan cara yang 1 kuenya nggak mekar, atau karena waktu nyampur airnya masih kepanasan? Ga tau deh, tapi dengan cara yang ke 2 kuenya mekar sukses. Dan ternyata resep itu berasal dari dapur manis. Dan kalau ikutin resep aslinya kuenya mekar, aq coba resep satunya ga mekar, tapi ga bantet juga, cuma mungkin bagi yang tau kalau kue mangkok itu mekar akan bilang jelek dan gagal kuenya, tapi kalau ga tau itu kue mangkok yang harus mekar kalau liat dan makan pasti ga akan complain. Jadi ya karena pertama coba resep gagal, alias ga mekar, aku ga putus asa, aq pikir kayaknya ga mungkin salah di resep, makanya coba bikin lagi dengan resep yang sama, soalnya rasanya itu lho bener-bener seperti rasa kue mangkok yang biasa aku makan selagi aku kecil. Tapi kalau seumpama temen-temen punya resep kue mangkok yang lebih enak, mau dong di share resepnya ke aku. O iya waktu resep pertama aku kasih air daun pandan, rasanya jauh lebih enak dari pada yang berwarna putih ini. Jadi kalau mau bikin lagi pasti aku akan bikin dengan daun pandan. Kue Mangkok Tape By dapur manis Recook by dona's delight Bahan : 250 ml air 125 gr gula pasir 125 gr tepung beras 25 gr tepung terigu 100 gr tape singkong yang matang dan empuk, buang seratnya, haluskan 1 sdt ragi instant 1 sdt baking powder Cara membuat : 1. Rebus air dan gula sampai gula larut, tidak perlu mendidih. Angkat, biarkan hangat/suam suam kuku. 2. Campur tepung beras, terigu dan tape singkong. Tuangi air gula hangat sambil diuleni sampai rata. Adonan akan menjadi encer. 3. Masukkan ragi instant. Uleni rata. Diamkan adonan selama 30 menit di tempat hangat dan ditutup. 4. Panaskan dandang sampai airnya mendidih dan beruap banyak. Pastikan airnya sudah bergolak. Siapkan cucing plastik diameter 5 cm -volume 50-60 ml- tanpa dioles apapun, biarkan kering. 5. Aduk adonan sampai buihnya hilang. Masukkan baking powder, aduk rata. 6. Tuang adonan ke dalam cucing sampai penuh. Kukus dengan api besar selama 10 menit. Angkat dari kukusan, biarkan hangat baru dilepas dari cetakan. (Aq kukus 20 menit, aq takut belum matang hehe) From my home to your home, Baking with love..

No comments:

Post a Comment