Monday, August 15, 2016

Wajik Ketan Pandan

Wajik Ketan Pandan Sekarang fb ku kan penuh postingan makanan.. Jadi otomatis kadang liat tuh bikin kepingin yah. Trus gw yg jauh di sini kalau liat jajan pasar rasanya pingin banget nyomot, tapi apa daya cuma foto2 aja yang di sharing. Trus aq liat wajik iih jadi kepingin deh, ya udah aq bilang ke sahabatku yang orang bali, ini percakapannya, Dona : eh gw mau bikin wajik, ke rumah yok Temen : ga bisa karena ada acara. Dona : ya sayang banget. Temen : bikin don, pakein nangka yah, ntar kl sempet gw bisa mampir sebentar ambil. Dona : Uuh ok deh gw kudu beli nangka dulu dong, mahal gw bilang. Temen : nggak katanya cuma 5 chf seplastik kecil (paling cuma 5 nangka) tapi frozen. Dona : emangnya enak frozen? Temen : iya enak. Akhirnya gw ke toko asia cari nangka, eeh ada yang fresh alias seger, ya sudah gw beli saja yang fresh,drpd beli frozen. Dengan harga yang lumayan hehe.. Tapi gpp deh demi wajik enak ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Tadinya mikir mau pake gula merah, tapi ga tau kenapa, malah bikin pake pandan dan gula pasir. Trus enaknya jajan pasar tuh ga perlu resep, asal nyampur hasilnya pasti ok, ga ada kesempatan kuenya jadi bantat hehehe., tapi karena mau aq share, makanya kemaren nimbang2. Pake santan pun maunya 400ml karena ukuran santan di sini di dalam kaleng yg 400 ml hehe.. Anyway Wajik ketan pandan By Dona's delight 250 gr beras ketan rendam 2-3 jam 100 gr gula pasir 400 ml santan 5 lembar daun pandan Vanilla Garam 100 gr kelapa parut 150 gr nangka Cara membuat : 1. Kukus ketan selama 20' kemaren gw ga pakein serbet pas ngukus, biar air uapnya turun ke berasnya. Gw pikir begitu hehe. Setelah itu campur dengan kelapa parut 2. Blender santan dengan daun pandan, kemudian saring, dan masak bersama gula pasir, vanilla dan garam. Masak hingga mendidih. 3. Kemudian masukan campuran ketan dan kelapa parut. Masak terus dan masukan nangkanya masak hingga adonan menyatu dan tidak lengket di wajan. 4. Masukan ke dalam loyang yang telah di alasi daun pisang atau di beri minyak sedikit, kemaren gw ngga pake minyak sih, karena pake loyang silikon. 5. Tunggu hingga dingin baru di potong2. From my home to your home baking with love.

No comments:

Post a Comment