Tuesday, April 5, 2016

Crusty Choux

Wahhh baru kali ini bingung mau memulai nulis cerita tentang kue soes ini.. Tadi waktu gw bawa ke arisan, waaah tanggapan ibu2 pada takjub, melihat cantiknya kue ini, trus pas ngerasain mereka lebih takjub lagi... Mereka sampe bilang gw hebat hehe.. Padahal mah sebenernya ini kue soes aja cuma memang isinya beraneka rasa, ada yang gw kasih pandan, jadi kayak sarikaya, sebetulnya sih isiannya yang hijau itu pandan dan santan, jadi ga pakai susu seperti pastry cream yang biasa. Trus ada yang rasa red velvet, yang pake cream cheese, juga gw isi dengan pastry cream coklat dan klasik vanilla, sebenernya pingin juga coba bikin pake isi lebih bervariasi lagi, seperti green tea, maupun chai latte ataupun apalah tapi duh kok kebanyakan, wong cuma buat arisan doang, bukan buat jualan. Hehe.. Jadi asal muasal gw bikin choux ini tuh beberapa hari lalu, waktu buka-buka fb, ada temen posting foto kue, dan kue itu sangat menarik.. Gw tau itu kayaknya kue soes, tapi ada sesuatu di atasnya kayak crumble begitu. Eehh bener.. Ternyata memang hampir mirip dengan adonan topping kalau gw bikin crumble pie, cuma bedanya adonan Ini butternya harus soft (lunak) Sedangkan kalau gw bikin crumble pake butter yang dingin. Dan kue itu berwarna warni dengan berbagai macam rasa. Langsung lah gw pingin bikin, Alhamdulillah hari senin ada arisan, jadi minggu malam udah bisa gw bikin. Anyway, cukup sudah gw bicara awalnya gw bikin ini, karena cukup banyak resep yang harus gw tulis, buat kue yang satu ini.
I Jadi yang pertama harus kita siapkan adalah membuat isinya atau flanya. Pastry Cream : 500 ml susu cair 100 gr gula pasir 5 kuning telur (boleh deh 4 kl mau ngirit hehe) Vanilla 40 gr terigu 10 gr maizena 1 sdm butter utk di kasih di akhir 40 gr coklat batangan yg hitam or dark chocolate (kl mau bikin setengah dr adonannya di bikin rasa coklat) Jadi setengah isi rasa vanilla setengahnya coklat Cara buat isinya..  Campur kuning telur dg 50 gr gula dan sedikit susu, Di mangkok yg cukup besar yah..Lalu ayak terigu ke dalamnya.. Aduk hingga tercampur rata.. Trus masak susu dg sisa yg 50 gr gula tadi serta vanilla bean, batangnya juga di masak yah. Tapi nanti di buang setelah flanya jadi..masak sampe mendidih,  angkat dr kompor..  Nah kemudian, masukan ke campuran kuning telur tadi.. Pelan2 sambil di aduk2 supaya ga bergerindil, kalo bergerindil yah km saring ajah gpp kok.. Setelah semua susu ud tercampur., kembalikan ke panci.. Kemudian nyalakan kompor lagi dg api sedang aja, masak dan masaknya sambil di aduk2 yah.. Konsentrasi, jangan liat2 hp atau apa. Krn ini cepet banget matangnya.. Trus inget apinya jangan kebesaran.. hingga matang atau sampe meletup, nah setelah meletup langsung angkat deh.. Nah trus masukan 1 sdm butter. O iya kalo yg setengah dr adonan yg kita buat tadi mau rasa coklat.. Cincang dark coklatnya langsung di taro di adonan isi yg masih panas.. Aduk2 hingga coklat meleleh dan merata. Fla Pandan : Sama dengan pastry cream diatas, hanya saja susu cair di ganti dengan santan, dan vanillanya di ganti dengan daun pandan. Proses membuat juga sama dengan membuat pastry cream. Red Velvet : 100 gr philladelphia cream cheese 65 gr gula halus Vanilla 220 ml heavy cream (whipped cream) Cara membuat : Di dalam wadah, kocok cream cheese, gula halus dan vanilla, hingga tercampur rata, lembut dan creamy. Sisihkan. Kemudian kocok heavy cream hingga soft peak, masukan 1/3 adonan cream cheese, kocok lagi, kemudian 1/3 lagi kocok lagi, dan 1/3 lagi kocok lagi hingga mencapai stiff peak. Siap di gunakan. Nah setelah ke 3 isinya kita buat,sekarang kita siapkan adonan topping kue soesnya.
Nah setelah ke 3 isinya kita buat,sekarang kita siapkan adonan topping kue soesnya. toppingnya atau crust nya: -100 gr Unsalted butter (softened) -100 gr light brown sugar -30 gr gula pasir -125 gr terigu Cara membuat : Di dalam wadah, campur butter dan gula, hingga tercampur rata, (seperti gambar no 1 dan 2) kemudian masukan terigu, campur hingga menjadi 1, (gambar no 3) setelah itu keluarkan adonan, taro di permukaan meja, dan satukan adonan dengan menggunakan tangan sebanyak 4-5 kali (gambar no 4) setelah adonan menyatu (gambar no 5) maka bagi 3 adonan eh terserah sih mau di bagi berapa aja, tergantung mau pakai berapa warna. Di sini saya bagi 3 karena akan memakai warna merah, hijau dan coklat. (Gambar 6) setelah itu dengan menggunakan plastik ratakan adonan dengan rolling pin (gambar no 8) sampai tipis yah, setelah itu dinginkan adonan (masukan ke dalam kulkas) kemaren saya salah, saya masukin ke kulkas dulu baru saya rolling padahal prosesnya harusnya di rolling dulu baru masuk kulkas, nah pada saat mau taro di atas choux nya baru deh di potong dengan cookie cutter. Biar lebih mudah, karena kalo di rollingnya setelah masuk kulkas itu adonan akan menjadi lunak, dan susah untuk di bulat2kan. Alhamdulillah di swiss ga terlalu panas udaranya, jadi masih bisa selamat. Ok, jadi sekarang adonan untuk crust nya sudah masuk kulkas, kita harus siapkan adonan kue soesnya. Ok sekarang bikin kulitnya atau di sebut juga choux pastry..  Ada banyak resep yg gw tau beda2 dikit banget siihhhh.. Tapi gw stick dg resep ini karena resep ini gw dapat dari majalah Gourmet atau Saveur yah gw lupa.. Itu dulu laki gw langganan majalah ttg makanan dr America.. Dan bener2 sangat terpercaya dg resep2nya pokoknya mantab banget deh resep2nya makanya gw tetep dg resep ini tapi ini resep juga ga asli gw copy karena gw suka asal2an aja combine resep. Kue soes ala dona's delight Choux Pastry 11/4 cup air atau hampir 300 ml air yah 180 gr butter potong dadu 150 gr terigu 5 btr telur Garam  Caranya Masak air dg butter dan garam hingga butter meleleh dan mendidih.. Kecilkan api kompor dan masukan terigu (yg ud di saring yah, pokoknya ga usah di bilang yah klao mau bikin kue tuh yah saring terigu yah) masukan terigu semuanya sekaligus. Aduk dg sendok kayu sampai adonannya tuh pull away dr panci. Apa tuh bahasa indonesianya?.., oh hingga adonannya itu terigu menyatu dg air tadi dan membentuk adonan yg keliatan kalis.. Cepet kok paling cuma 1 mnt ajah. Nah setelah itu angkat dan pindahkan ke mangkok besar. Tunggu hingga agak sedikit dingin.. Kemudian masukan telur 1 per satu sambil di kocok, gw kocok mya pake mixer tangan aja walopun punya mixer yg berdiri, tapi cukup dg mixer tangan ud cukup. Nah setelah semua telur masuk.. Selesai deh tinggal di cetak. Dengan menggunakan plastik gunting bagian bawah plastiknya seperti gambar no 9. Setelah itu keluarkan adonan topping yang telah kita siapkan, dan potong2 bulat2 dengan menggunakan cookie cutter, kemudian taro di atas kue soes seperti gambar no 11. Nah baru deh kue soesnya siap di panggang. O iya sebelumnya jangan lupa nyalain oven dg suhu 200 derajat.  Panggang hingga puffed/mengembang dan berwarna kecoklatan.. Nah kalo orang indonesia mereka bikinnya ga sampe coklat.. Cuma kuning gitu.. Sedangkan gw senengnya sampe coklat jd agak garing.. Kalo soes indonesia kan lembek. Yah selera sih., gw panggang skitar dengan suhu 200 selama 20 menit kemudian gw turunkan suhunya 170 dan lanjutkan memangganya 10 menit lagi. Ok deh selesai deh.. Dan siap di isi deh tuh soesnya dg fla yg ud di buat.. Selamat mencoba yah.  From my home to your home. Baking with love.

9 comments:

  1. Tks mbak share resepnya mau cobaa..setelah melihat di majalah tampilan choux ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak., silahkan.. Sekarang udah banyak lho yang coba.. Dan berhasil.. Tapi sayang banget di blog ini malah ga jelas, ga ada spasinya kalau di fb resepnya malah lebih jelas, kaayaknya blognya lg under construction deh

      Delete
  2. Makasi share nya ya mba... Izin aku coba resepnya ya mba.
    Tp saya mau tanya mba, pewarna merk apa yg mba gunakan, krn di sini susah bgt cari pewarna makanan yg halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan senang hati mbak, kebetulan saya pake merk Wilton. Jadi bagus, tapi yg coklat cuma pake bubuk coklat ajah.

      Delete
  3. Replies
    1. Mba Aq ud ganti ke website klik ke
      donasdelight.com mungkin lebih jelas.

      Delete